Tesis

Pengaruh Pemberian Tablet Ferrous Sulfat terhadap Fungsi Intrinsik Ventrikel Kiri yang Diukur dengan Global Longitudinal Strain pada Pasien Gagal Jantung Sistolik dengan Anemia Defisiensi Besi = The Effects of Ferrous Sulfat Tablet Suplementation on Left Ventricular Intrinsic Function by Global Longitudinal Strain in Systolic Heart Failure Patient with Iron Deficiency Anaemia.

Latar Belakang: Defisiensi besi merupakan komorbid yang sering ditemukan pada gagal jantung dan berhubungan dengan prognosis yang lebih buruk. Gagal jantung berkaitan dengan defisiensi besi akibat aktivasi sitokin inflamasi yang menyebabkan gangguan eritropoesis dan penyerapan di saluran cerna serta pelepasan besi dari jaringan retikuloendotelial. Pemberian Fe intravena terbukti memperbaiki kadar Hb, ferritin dan saturasi transferin dan berkaitan dengan perbaikan parameter fungsi dan dimensi ventrikel kiri. Ekokardiografi dengan speckle tracking digunakan untuk menilai deformitas miokard dan fungsi intriksik ventrikel kiri salah satunya dengan mengukur GLS.Namun perbaikan fungsi ventrikel kiri dengan mengukur GLS pada pasien gagal jantung sistolik dengan defisiensi besi yang diberikan terapi Fe oral belumlah diketahui. Tujuan: Untuk mengetahui adakah perbaikan fungsi intrinsik ventrikel kiri yang dinilai dengan GLS pada 2-D STE sesudah pemberian tablet FS pada pasien gagal jantung sistolik dengan anemia defisiensi besi. Metode:Penelitian ini merupakan studi klinis prospektif acak dan tersamar terhadap pasien gagal jantung FEVKi < 50% dan defisiensi besi (ferritin

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rima Sagita - Nama Orang
Bambang Budi Siswanto - Nama Orang
Lies Dina Liastuti - Nama Orang

No. Panggil
T 16 454 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xvi, 48 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16454FKT16454FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pemberian Tablet Ferrous Sulfat terhadap Fungsi Intrinsik Ventrikel Kiri yang Diukur dengan Global Longitudinal Strain pada Pasien Gagal Jantung Sistolik dengan Anemia Defisiensi Besi  = The Effects of Ferrous Sulfat Tablet Suplementation on Left Ventricular Intrinsic Function by Global Longitudinal Strain in Systolic Heart Failure Patient with Iron Deficiency Anaemia.

Related Collection